Bhabin Beng sambang warga di Jalan Ciung Wanara

Polda Bali – Polres Gianyar, Polsek Gianyar.

Pemantauan kegiatan upacara yadnya dimasa pandemi covid 19 di wilayah Kelurahan Beng oleh Bhabinkamtibmas Aipda I Nyoman Yuliarta sebagai upaya awal pencegahan penyebaran covid 19.

Seperti kunjungan yang dilakukan di rumah Bapak Pande Putu Wijaya di Jalan Ciung Wanara (Cap Togog) yang akan melaksanakan kegiatan upacara Pitra Yadnya orang tuanya alm Pande Nyoman Maruta yang sebelumnya sudah diupacarai mekingsan di Geni, Rabu (13/1/2021).

Bapak Pande Putu Wijaya menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan pengabenan tersebut akan dilanjutkan dengan giat Meligia Nyekah Kurung Mendak Nuntun yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2021 yang akan dilaksanakan di lingkungan pendatang Kaja Kauh Beng tepatnya diutara gantangan burung 8 naga.

Selama dalam pelaksanaan nanti sudah disediakan sarana protokol kesehatan seperti tempat mencuci tangan, hand sanitizer, serta wajib menggunakan masker standar medis. Begitu pula kehadiran warga juga dibatasi guna mencegah kerumunan saat hari H nya nanti.

Wadah atau bade sebagai tempat jenazah yang bertumpang 7 menggunakan roda saat bergerak menuju Kuburan Adat Beng Gianyar.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Beng juga menyampaikan kiranya saat pelaksanaan upacara nanti untuk tidak mengaploud gambar maupun video serta diunggah ke medsos demi keamanan saat kegiatan upacara.

Kaling Pande Bapak Pande Made Wirata juga menyampaikan bahwa jumlah warganya akan dibatasi saat kegiatan pengabenan tersebut berhubung jumlah keluarga inti saja sudah mencapai 63 orang. Disamping untuk mematuhi himbauan dari pemerintah mengingat Gianyar sudah termasuk zona merah penyebaran covid-19.

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.