Bhabin Siangan hadiri Musrenbangdes

Polda Bali – Polres Gianyar, Polsek Gianyar.
MUSRENBANGDES ( Musyawarah Rencana Pembangunan Desa ) di selenggarakan oleh pemerintahan Desa untuk mendiskusikan dan membahas usulan pembangunan Desa yang akan di usulkan ke pemerintah Daerah Kabupaten Gianyar.

Peran Bhabinkamtibmas di sini ialah ikut dalam memberikan masukan tentang prioritas pembangunan yang diperlukan di Desa Binaan baik bersifat fisik maupun non fisik.

Hal tersebut seiring dengan kegiatan Bhabinkamtibmas Desa Siangan Aiptu I Kadek Sumerta, S.H. saat mengikuti Musrenbangdes ( Musyawarah Rencana Pembangunan Desa ) tentang DURKP ( Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah Desa ) dan RKPD ( Rencana Kerja Pembangunan Daerah ), bertempat di Aula Kantor Desa Siangan, Kamis 14 Januari 2021 pukul 10.00 wita.

Hadir dalam acara tersebut di antaranya Kadis PU Gianyar, Camat Gianyar, Perbekel Siangan, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Pendamping Desa, Ketua BPD, Ketua LPM, Sekdes, Bendesa Adat Se-Desa Siangan, kepala Dusun, Kepala Sekolah Se-Desa Siangan, Bidan Desa, PLKB, Pekaseh, Danton Hansip, Ketua Pesikiaan Pecalang, Pendamping Posyandu, Ketua Karang Taruna dan Perwakilan KK Miskin Sedesa Siangan. Total peserta yang hadir sebanyak 25 orang.

Acara di buka oleh Perbekel Desa Siangan yang menyampaikan kepada para undangan rasa terimakasihnya atas kehadiran untuk mengikuti Rapat Musrenbangdes. Di sampaikan pula bahwa Musrenbangdes kali ini membahas tentang usulan pembangunan desa ke tingkat Kabupaten Gianyar dan menunjuk perwakilan dari tingkat Desa Siangan yang akan mengikuti rapat pembahasan lanjutan di tingkat kecamatan maupun Kabupaten.

Camat Gianyar pada sambutannya menyampaikan bahwa ada mekanisme baru dalam pengusulan pembangunan dari tingkat Desa, biasanya usulan yang dari Desa di teruskan ke Kecamatan akan tetapi untuk tahun ini usulan dari tingkat Desa langsung ke Bappeda Gianyar untuk di verifikasi, setelah di verifikasi baru turun ke Kecamatan. Dalam kaitan dengan PPKM ( Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di harapkan masyarakat tetap menjalankan Protokol kesehatan dengan baik agar terhindar dari penularan Covid-19.

Adapun Rancangan Pembangunan Desa Siangan yang akan di usulkan ke tingkat Kabupaten di antaranya pembangunan jamban di SD N 3 Siangan, Pembangunan tembok pembatas di SD N 1 Siangan, pembuatan Padmasana di Pustu Siangan, Rehab Rumah, pelatihan Kerja, Pelatihan Menjahit, Pembentukan KUBA, Pembangunan Pasar Desa, Penataan Lapangan Wibisana, Penataan Lapangan Lokaserana, Pembanguna wantilan Di setiap Desa Adat, Bantuan pembinaan Stanting, Bantuan Truck Sampah, Mesin Pengelolaan Sampah Organik, pengadaan Lahan Bank Sampah, perbaikan jalan dari Banjar Teruna, Selat, Sawan dan Lokaserana yang rusak akibat pembuatan jembatan Temon-Siangan, perbaikan terowongan Subak Sulangai dan bantuan Traktor untuk Subak Sulangai, Subak Sawan dan Subak Lokaserana.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas menyampaikan apresiasi kepada pihak pemerintahan Desa yang telah melaksanakan Musrenbangdes untuk menyerap masukan dan usulan dari setiap komponen masyarakat yang hadir sehingga dapat mengusulkan pembangunan di setiap wilayahnya. Di sampaikan terimakasih selama ini sudah bersinergi dengan Bhabinkamtibmas dalam hal pendampingan dan pengawasan penggunaan Dana Desa guna mencegah terjadinya penyimpangan dan penyalahgunaannya.

Kapolsek Gianyar Kompol I Gusti Ngurah Yudistira, S.H., M.H. mengatakan bahwa Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak Polri dalam hal pengawasan dan pendampingan Dana Desa sehingga bisa mengambil peran mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai tahap pertanggungjawaban. Jika ditemukan ada penyalahgunaan bisa langsung melaporkan keatasan.

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.