Bhabin Suwat pengamanan Upacara Melaspas lan Mendem Pedagingan Pura Melanting

Polda Bali-Polres Gianyar-Polsek Gianyar

Selain memberikan pembinaan dan penyuluhan Kamtibmas kepada warga masyarakat, Bhabinkamtibmas juga melakukan pengamanan terhadap kegiatan keagamaan warga masyarakat di Desa Binaan.

Seperti yang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas Desa Suwat Aipda AA Gde Agung bersinergi dengan Babinsa Sertu AA Gede Arjana dan Pecalang Desa Adat Petak Jeruk melaksanakan pengamanan kegiatan Upacara Melaspas lan Mendem Pedagingan Pura Melanting lan Balai Banjar Desa Adat Petak, Desa Suwat, Kec/Kab. Gianyar, Rabu (13/1/2021), pukul 09.00 wita.

Karena situasi saat ini masih pandemi Covid 19 maka pelaksanaan Upacara Melaspas lan Mendem Pedagingan Pura Melanting lan Balai Banjar Desa Adat Petak Jeruk dilaksanakan dengan meminimalisir warga yang hadir, menyediakan tempat cuci tangan, dan handsanitezer.

Upacara Melaspas lan Mendem Pedagingan Pura Melanting dan Balai Banjar Desa Adat Petak Jeruk tersebut dipuput oleh Ida Peranda Griye Siangan-Gianyar dan tidak mempergunakan gong atau gamelan maupun tari-tarian.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas bersama Babinsa dan Pecalang mengawasi pelaksanaan setiap rangkaian upacara yang dilaksanakan dan menghimbau warga masyarakat untuk selalu mentaati Protokol Kesehatan pencegahan penularan Covid 19 di antaranya menggunakan masker dengan baik dan benar, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Dikonfirmasi terpisah Kapolsek Gianyar Kompol I Gusti Ngurah Yudistira, SH, MH mengatakan dirinya memang mendorong semua Personil Bhabinkamtibmas untuk bisa hadir dalam setiap kegiatan yang ada di Desa Binaan, menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan tokoh adat dan tokoh agama, sehingga tercipta kerjasama yang baik dalam setiap kegiatan adat maupun agama di masa Pandemi Covid 19 ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.