Kapolsek Tegallalang Adakan Sambang Wilayah Kunjungi Rumah Duka di Banjar Sapat

Poldal Bali – Polres Gianyar – Polsek Tegallalang, Kapolsek Tegallalang A AKP KETUT SUDITA melaksanakan sambang Kerumah duka mantam Capat Tegallalang Almarhum Nyoman Darmawan Pada hari Senen tanggal 22 Pebruari 2021 pukul 10.00 wita di Banjar Sapat Desa Tegallalang Kecamatan Tegallalang Kab.Gianyar.

Almarhum sudah pensiun tahun 2020, dan meninggal pada tanggal 09 Pebruari 2021 pukul 10.00 wita di RSUP Sanglah karena sakit Gula Darah yang sudah lama dideritanya, jenazahnya di bawa pulang dari RSUP Sanglah pada Hari Jumat tanggal 19 Pebruari 2021 pukul 14.00 wita.

Langkah langkah yang telah kami lakukan sebagai berikut :

  1. Pada Hari Rabu tanggal 17 Pebruari 2021 pukul 11.00 wita telah melaksanakan giat melayat dan penggalangan terhadap Pihak Keluarga dan Bendesa Adat Sapat agar pelaksanaan Upacara Ngaben harus mematuhi Protokol Kesehatan Covid 19 dan saat ini sedang berlangsung masa PPKM Berbasis Mikro.
  2. Pada hari Kamis tanggal 18 Pebruari 2021 pukul 10.30 wita di rumah almarhum I Nyoman Darmawan di Banjar Sapat Telah dilaksanakan Penggalangan Oleh Kapolsek Tegallalang AKP Ketut Sudita bersama Camat Tegallalang dan Danramil Tegallalang terhadap Bendesa Adat Sapat, Kelian Dinas Sapat dan perwakilan dari Keluarga Almarhum, agar pelaksanaan upacara ngaben tersebut betul2 mematuhi dari pada Prokes covid 19.

Hasil Penggalangan.

  1. Upakara berupa banten dibawa ke keburan dengan mempergunakan kendaraan Pick Up.
  2. Sarana Ngaben berupa Lembu diangkut dengan kendaraan Pick Up.
  3. Sarana Padma/Joli yang tingginya 3 meter memakai Roda utk didorong ke Kuburan yang jaraknya 500 meter, tenaga yang mendorong 15 orang.
  4. Tidak menggunakan gambelan berupa Gong maupun musik lainnya.
  5. Wajib mematuhi Prokes Covid 19.

Atas kesanggupan dan pernyataan dari Prejuru Desa Adat Sapat yang juga selaku Kasatgas Gotong Royong covid 19 Desa Adat Sapat dan pihak Keluarga Almarhum, tidak menutup kemungkinan ada beberapa warga yang selalu membandel yang tidak mau mematuhi Prokes Covid 19, utk menganti sipasi hal tersebut terjadi kami telah membuat sprint PAM giat dimaksud sebagai berikut :

a. Jalur yang dilalui adalah jalur utama Jurusan Tegallalang – Ubud.

b. Penempatan Personil di rumah duka 4 personil, terdiri dari 2 orang Bhabinkamtibmas lengkap dengan Toa alat Pengeras Suara utk memberikan Himbauan, dan 2 orang anggota Sabhara.

b. Simpang 3 dari Rumah duka menuju kuburan tempat menaikan Jenazah ke Joli, ditempatkan 6 Personil yang dipimpin Padal Kanit Sabhara Polsek dan 2 orang Bhabinkamtibmas bawa toa utk memberikan himbauan dan menegur apa bila ada yang melanggar Prokes, dan langsung mengikuti perjalanan jenazah menuju kuburan utk memandu.

c. Penempatan Personil di Balai Banjar Sapat 4 personil karena ditempat tersebut akan ada acara berputar dengan padal Kanit Reskrim dan 2 orang Bhabinkamtibmas utk memberikan himbauan.

d. Kuburan menempatan Personil 6 personil dengan Padal Kanit Intel dan 2 orang Bhabinkamtibmas utk memberikan himbauan.

Demi lancarnya giat tersebut dan dapat berlangsung sesuai dengan Prokes Covid 19 kami mohon kepada Komandan untuk dapat memberikan bantuan anggota untuk membantu PAM giat tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.