Personil Gabungan Piket Fungsi Polsek Tegallalang Di Pimpin Waka Melaksanakan Pam Giat Ngaben Di Banjar Sapat Tegallalang.

Polda Bali-Polres Gianyar-Polsek Tegallalang, Pada hari Senin tanggal 22 Februari 2021 mulai pukul 10.00 wita di Banjar Sapat Desa Tegallalang Kecamatan Tegallalang Kabupaten Gianyar telah berlangsung giat Upacara Ngaben “Almarhum I Nyoman Darmawan S.sos” yang merupakan mantan Camat Tegallalang selama 15 tahun, Almarhum sudah pensiun tahun 2020, dan meninggal pada tanggal 09 Februari 2021 pukul 10.00 wita di RSUP Sanglah karena sakit Gula Darah yang sudah lama dideritanya, jenazahnya di bawa pulang dari RSUP Sanglah pada Hari Jumat tanggal 19 Februari 2021 pukul 14.00 wita.

Adapun Rangkaian pelaksanaan giat upacara ngaben tersebut adalah sebagai berikut :
a. Diawali dgn Upacara Nyukat Karang di Kuburan / tunon
b Mecaru Nyukat Karang Di Kuburan /Tunon
c. Upacara Ngening
d. Upacara Melaspas Pekoleman berupa Padma / joli dan lembu yg dipuput oleh Peranda Nak Lingsir saking Griya Peling padang tegal
e. Upacara Nyiramin layon dipuput oleh Ida Bagus Ketut Wilantara Putra
f. Ngaskara dan Upadesa
g. Mecaru titimamah
h. Pembrangkatan Jenazah ke Kuburan desa adat Sapat dengan jarak -+ 500 meter

Sebagai upaya untuk mencegah kerumunan, dalam pelaksanaan giat ngaben polri bersama intasi terkait seperti TNI dan Pecalang telah menghimbau masyarakat yang ikut terlibat dalam giat tersebut untuk selalu mematuhi Protokol Kesehatan dengan tetap memakai Masker, jaga jarak saat pelaksanaan giat.

Dalam pelaksanaan giat sebagai sarana Upakara yang berupa banten agar dibawa ke keburan dengan mempergunakan sarana kendaraan Pick Up guna mencegah terjadinya kerumunan warga.

Demikian juga sebagai Sarana Ngaben berupa Lembu agar diangkut juga dengan menggunakan kendaraan Pick Up.

Menghindari terjadinya kerumunan warga sebagai sarana Bade yang tingginya 3 meter di sarankan agar memakai Roda untuk didorong ke Kuburan yang jaraknya 500 meter, tenaga yang mendorong 15 orang warga.

Sesuai kesepakatan saat kordinasi dengan pihak keluarga dalam giat tersebut tidak menggunakan gambelan berupa Gong maupun musik lainnya.

Selama pelaksanaan giat upacara palebon atau ngaben tersebut telah dilaksanakan himbauan oleh Petugas dari Polsek Tegallalang yang terseprin untuk melaksanakan Penling disekitar lokasi giat ngaben, agar dalam pelaksanaan prosesi upacara Palebon atau ngaben tersebut tetap menjalankan prokes dan bagi masyarakat yang berada sekitar lokasi agar tidak berkerumun guna mencegah penyebaran covid 19.

Dalam pelaksanaan upacara Palebon agar tidak melibatkan orang banyak sesuai dari himbauan pemerintah dalam situasi PPKM BM .

Dalam giat pengamanan tersebut berkolaborasi dengan Koramil Tegallalang dan Pecalang Desa Adat Sapat, kemudian pada Pukul 13.30 wita sarana upacara yang berupa Bade tempat jenazah tiba di setra adat Sapat dilanjutkan dengan giat kremasi. giat berlangsung dengan tertib dan lancar meskipun sempat di guyur hujan yang di sertai angin kencang, situasi kondusif.

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.