Pohon Beringin Umur Ratusan Tahun Tumbang, Beberapa Bangunan Dipura Pengangon Banjar Calo Rusak Berat

Polda Bali – Polres Gianyar – Polsek Tegallalang, Beberapa hari terakhir ini cuaca cukup extrim dimana bencana alam pohon tumbang terjadi di areal Pura Pengangon Br. Calo, Desa Pupuan, Kec. Tegallalang. Selasa (23/2/21)

Pohon yang sudah berumur ratusan tahun tersebut tumbang dan menimpa beberapa bangunan pura pengangon ( bangunan Bale gong, 1 apit lawang dan menimpa tembok penyengker dengan panjang sekitar 16 meter) akibat pohon tumbang tersebut kerugian diperkirakan mencapai Rp 250 juta.

Menerurut keterangan Kepala Dusun Banjar Calo Pande Putu Palgunadi, bencana alam pohon tumbang tersebut diperkirakan terjadi pada pukul 00.30 wita dini hari, penyebab terjadinya bencana alam tersebut akibat curah hujan yang tinggi dan angin kencang serta pohon beringin sudah berumur ratusan tahun.

Pohon beringin yang tumbang berada tepat disamping sebelah selatan pura dan Tumbang keareal pura yang menimpa beberapa bangunan.

Atas terjadinya bencana alam pohon tumbang tersebut BPBD Kab. Gianyar , bersama Warga setempat di bantu oleh. Bhabinkamtibmas Desa Pupuan dan Unit Sabhara melakukan pembersihan untuk memindahkan matrial ranting pohon yang menutupi pura, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.”pungkasnya

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.