Terobosan Kreatif Tracer Covid-19 Desa Siangan

Polda Bali-Polres Gianyar, Polsek Gianyar.
Wilayah yang luas, jumlah penduduk yang padat dan tanggung jawab yang di embannya cukup berat di tengah Pandemi Covid-19 membuat seorang Tracer harus memiliki inisiatif untuk bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Tugas seorang Tracer di antaranya melaksanakan pencatatan dan penelusuran jejak masyarakat yang positif Covid-19, mencatat kontak erat dengan siapa saja, kemana saja dan bertemu dengan siapa pasien tersebut. Selain itu tugas Tracer adalah melaksanakan pengawasan terhadap masyarakat yang menjalani Karantina mandiri di rumahnya serta memantau keperluan dari masyarakat tersebut.

Tidak bisa seorang Tracer bisa mengawasi satu persatu warga selama seharian penuh, jelas memerlukan partisipasi masyarakat untuk ikut mengawasi, melayani dan peduli dengan masyarakat yang menjalani Karantina.

Seperti halnya yang di lakukan Tracer Bhabinkamtibmas Desa Siangan Aiptu I Kadek Sumerta untuk bisa menjalankan tugasnya dengan baik membuat terobosan dengan memasang pamplet/ stiker yang bertuliskan ” MAAF SEDANG MENJALANI KARANTINA MANDIRI”. Pamplet/stiker tersebut di pasang di depan rumah warga yang menjalani Karantina mandiri.

Seperti yang di laksanakan sabtu, 20 Februari 2021 pukul 10.30 wita, Tracer Desa Siangan Aiptu I Kadek Sumerta bersama Satgas Terpadu Covid-19 Desa Tangguh Dewata Desa Siangan, Babinsa dan perangkat Desa memasang Pamplet/stiker di depan rumah I Wayan Suastama , Banjar Siladan karena istrinya positif Covid-19.

Tujuannya agar masyarakat ikut mengawasi kegiatan keluarga yang menjalani Karantina apabila di temukan pelanggaran bisa menyampaikan ke Bhabinkamtibmas. serta menyampaikan ke masyarakat yang lain bahwa keluarga di maksud untuk sementara tidak bisa di kunjungi karena menjalani Karantina.

Kapolsek Gianyar Kompol I Gusti Ngurah Yudistira, S.H. M.H. mengapresiasi terobosan Bhabinkamtibmas Desa Siangan karena hal itu sangat membantu tugas seorang Tracer. Semoga Tracer lainnya dapat meniru Terobosan Kreatif tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.