Bhabin Desa Pupuan Tegallalang Atensi Pohon Tumbang Yang Menimpa 3 (Tiga) Bangunan Pelinggih Pura Subak D Banjar Perean Pupuan Tegallalang.

Polda Bali-Polres Gianyar-Polsek Tegallalang, Menyikapi situasi belakangan ini yang sudah memasuki musim hujan dan di sertai angin kencang, masyarakat di himbau untuk meningkatkan kewaspadaan di masing-masing wilayah .

Seperti halnya Pada hari Rabu tanggal 07 April 2021, pukul 07.00 wita, telah diketahui terjadi bencana alam pohon beringin tumbang di areal pura subak Banjar Perean Pupuan Tegallalang yang menimpa 3 bangunan pelinggih hal tersebut di akibatkan adanya hujan lebat disertai angin kencang yang mengakibatkan Pohon Beringin berumur tua dan kondisi batang rapuh tumbang.

Kejadian tersebut di ketahui oleh masyarakat setempat pada hari Rabu tanggal 07 April 2021, sekira pukul 03.00 wita ke tiga bangunan Pelinggih tersebut sudah porak-poranda.

Adapun masyarakat setempat yang menerima informasi dari salah satu tukang bangunan yang kebetulan bekerja dekat areal pura subak , masyarakat yang menerima informasi tersebut An. I Ketut Sumatra, lakis, 47 tahun,hindu Swasta, alamat Banjar Perean, Desa Pupuan, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar.

Dengan adanya kejadian tersebut saksi menceritakan kronologis kejadian pertama kali melihat bangunan Pelinggih di pura subak tersebut yang porak-poranda Pada hari rabu tanggal 07 April 2021, sekira pukul 07.00 wita, saya menerima informasi dari tukang bangunan yang kebetulan bekerja dia areal pura subak, informasi diterima bahwa pohon beringin yang berada di arel pura roboh menimpa 3 bangunan pelinggih (Sedahan anglurah, Penyawangan segara, dan gedong penyimpenan), setelah menerima informasi tersebut saya mendatangi TKP dan memang benar pohon beringin dengan ukuran diameter 200 cm x 25 meter, roboh / tumbang dan menimpa 3 bangunan pelinggih.

Atas Kejadian tersebut dilaksanakan paruman dengan parajuru dan pemangku, hasil keputusan untuk pemberisihan pohon dan ranting beringin akan dilakukan sambil menunggu hari baik dan rencana akan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 09 April 2021.

Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa dan kerugian material di perkirakan kurang lebih Rp 30.000.000.

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.