Didampingi Pawas Waka Polsek Blahbatuh Pimpin Pengamanan Upacara Ngaben

PENGAMANAN KEGIATAN UPACARA NGABEN DI WILAYAH DESA ADAT BLAHBATUH

Polda Bali-Polres Gianyar-Polsek Blahbatuh,
Kegiatan Pengamanan pengabenan dilaksanakan oleh 6 ( enam) Personil Posek Blahbatuh di Backup Satgas terpadu Covid -19 Desa Blahbatuh dipimpin Waka Polsek Blahbatuh AKP I MADE SUNARTA didampingi Pawas Kanit Binmas NI WAYAN SUDARMI
Bertempat dikuburan Desa Adat Blahbatuh,

Dilaksanakan pada Hari Senin Tanggal 5 April 2021 pukul 12.15 wita bertempat di Banjar Babakan Desa / Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar.

Selaku Penanggung Jawab Kegiatan Pengabenan oleh kelian Adat Banjar Tubuh I WAYAN SUASTIKA dan I Gusti Ngurah Gde Suyasa sebagai keluarga dari Pada Almarhum.

Adapun jenasah (layon) yang dilaksanakan upakara pengabenan yakni Alm An. anak Agung Biang Kerti, perempuan, 78 tahun meninggal karena sakit.

Tahapan Pelaksanaan Pengabenan yaitu Kegiatan Nganter Layon (jenasah) ke Kuburan sudah dilaksanakan mulai pukul 12.30 wita dengan cara diusung dengan menggunakan joli dengan jumlah pengusung terbatas sekitar 10 orang.

Sampai di Setra Adat Blahbatuh setelah upakara dan jenasah dimasukan ke dalam wadah pembakaran, semua keluarga yang ikut di imbau untuk pulang karena kegiatan ngeseng (pembakaran) akan dilaksanakan setelah semuanya selesai.

Kegiatan pengesengan jenasah hanya diikuti oleh keluarga pengarep yang punya sawa (mayat).

Setelah Kegiatan pembakaran jenasah (pengesengan) dilaksanakan upacara ngereka abu jenasah yang juga hanya diikuti oleh keluarga (pengarep) yang punya sawa (mayat)

Untuk kegiatan penghanyutan Abu Jenasah dilaksanakan di pantai Saba setelah selesai kegiatan Ngreka abu jenasah di Kuburan.

Pada saat proses pengabenan sudah diberikan imbauan pelaksanaan protokol kesehatan 5M dengan memakai masker, pengusungan jenasah dengan protokol kesehatan dengan tidak terlalu banyak orang, dan tidak berkerumun di kuburan dengan hanya keluarga pengarep maximal 10 orang yang melaksanakan proses di Kuburan.

Dihubungi melalui WA Pribadinya Kapolsek Blahbatuh AKP Yoga Widyatmoko. Sik. bagian dari Polres Gianyar menyampaikan bahwa pengamanan terhadap kegiatan masyarakat yang melibatkan masyarakat luas wajib diatensi penuh oleh aparat kepolisian dalam hal ini Polsek Blahbatuh, sehingga masyarakat yang melaksanakan kegiatan merasa aman dan Nyaman. Pungkasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.