Bhabin Abianbase pantauan pelaksanaan Bank Sampah

Polda Bali – Polres Gianyar, Polsek Gianyar.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Abianbase Polsek Gianyar Aipda Dewa Agung Alit S , melakukan pemantauan pelaksanaan Bank Sampah di Lingkungan Kaja Kauh Kelurahan Abianbase, Minggu (2/5/2021).

Kegiatan Bank Sampah ini merupakan kegiatan rutin sekali dalam sebulan yang dilakukan oleh warga Lingkungan Kaja Kauh Kelurahan Abianbase. Pelaksanaan Bank Sampah ini mempunyai beberapa keuntungan antara lain :

Pertama, dari aspek lingkungan yaitu Berkurangnya jumlah sampah yang harus dibuang ke TPA, membantu mengurangi pencemaran udara akibat pembakaran sampah, dan membantu menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih.

Kedua, dari aspek pendidikan: Menanamkan pentingnya mengelola sampah rumah tangga kepada masyarakat dengan cara diinvestasikan/ditabung, melakukan pendidikan lingkungan hidup sejak dini terhadap anak-anak, anak-anak akan memahami pentingnya menabung, dan anak-anak akan memaknai sampah yang mereka hasilkan.

Ketiga, dari aspek sosial ekonomi : Menambah pendapatan keluarga dari sampah yang mereka tabung di bank sampah, mengubah persepsi negatif yang berkembang di masyarakat terhadap penggiat sampah terutama pemulung.

Kepala Lingkungan Kaja Kauh I Gusti Ngurah Wira Dharma mengatakan bahwa dengan keuntungan dari Bank Sampah tersebut warga sangat antusias berperan aktif dalam program ini dan mengharapkan program ini diikuti oleh semua warga di kelurahan Abianbase.

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.