Bhabin Sidan sambang warga di Br. Dukuh

Polda Bali – Polres Gianyar, Polsek Gianyar.

Bhabinkamtibmas Desa Sidan Polsek Gianyar sambangi warga Banjar Dukuh, Desa Sidan, Kecamatan Gianyar, Minggu (02/05/2021) pukul 11.30 Wita.

Kegiatan sambang Bhabinkamtibmas merupakan suatu strategi dalam menjalin hubungan kemitraan yang harmonis dengan warga binaan untuk memudahkan serap informasi yang ada.

Sebagaimana dalam kegiatan Bhabinkamtibmas Desa Sidan Aipda Ngakan Gede Sukrayana, S.H. menyambangi warga yang akan melakukan kegiatan Upacara Dewa Yadnya (Piodalan) di Pura Kelor yang terletak di Br. Dukuh, Desa Sidan yakni pada hari Selasa tanggal 04 Mei 2021 dimulai dari pukul 16.00 Wita dan akan dipuput oleh Ida Pedanda Keramas Manggis.

Kegiatan sambang ini dilaksanakan dengan sistem Door to Door System atau dengan kata lain berkunjung ke rumah-rumah warga atau tempat ibadah yang dapat menghadirkan banyak warga dengan tujuan untuk dapat mengetahui keadaan warga binaan maupun situasi yang terjadi di wilayah binaan.

Dalam kegiatan sambang disela-sela warga yang sementara mempersiapkan sarana Upacara Dewa Yadnya (Piodalan), Bhabinkamtibmas Desa Sidan memberikan pesan-pesan Kamtibmas agar dalam pelaksanaan Upacara Dewa Yadnya (Piodalan) nanti berjalan dengan tertib, aman dan lancar serta menghimbau terkait pendisiplinan diri dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Untuk itu Bhabinkamtibmas Desa Sidan mewajibkan bagi warganya yang memiliki hajatan/Upacara Dewa Yadnya yang melibatkan orang banyak agar menyediakan fasilitas berupa tempat cuci tangan dengan air mengalir, alat pengecekan suhu tubuh (thermogun) dan masker serta tetap membatasi jumlah warga yang hadir saat pelaksanaan Upacara Dewa Yadnya dan menjaga jarak sehingga tidak membuat kerumunan yang mengakibatkan mudahnya penyebaran Covid-19.

Untuk memutus rantai Covid-19 Bhabinkamtibmas Desa Sidan mengedukasi warganya untuk beradaptasi atas tatanan kehidupan yang baru dalam pendisiplinan protokol kesehatan dengan 6 M yakni :
memakai masker dengan tepat menutup hidung, bibir dan dagu, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, menjaga jarak minimal 1 (satu) meter, mengurangi bepergian, meningkatkan imun, dan mentaati aturan, mengingat Covid-19 mudah penyebarannya terhadap warga usia lanjut yang memiliki sakit penyerta.

Giat sambang ini disambut baik oleh Kelihan Adat Br. Dukuh I Wayan Suweta dan Wakil Kelihan Adat Br. Dukuh I Made Suartika beserta warga setempat.

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.