Apel Pagi, Kapolres Gianyar Sosialisasikan Whistle Blowing System (WBS)

Polda Bali Polres Gianyar. Apel pagi personel Polres Gianyar, Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana, S.I.K., S.H., M.H. mensosialisasikan Whistle Blowing System (WBS) kepada personel Polres Gianyar bertempat di Lapangan Apel Endra Dharmalaksana Polres Gianyar. Kamis (3/6/2021)

Polres Gianyar telah melakukan pengembangan pelayanan pengaduan masyarakat dengan menggunakan sistem WBS online, WBS online merupakan sarana informasi di lingkungan Polri untuk menyampaikan informasi secara online adanya indikasi terkait tindak pidana korupsi di lingkungan Polri. Whistle Blowing System bisa diakses melalui web yang di miliki Polres Gianyar yakni www.polresgianyar.id.

Kapolres Gianyar menjelaskan Whistle Blowing System (WBS) Polri adalah “sarana informasi internal Polri secara online untuk menyampaikan informasi perbuatan/perilaku/kejadian yang dilakukan oleh anggota Polri dengan memberikan kronologis dan melampirkan bukti seperti data, dokumen, gambar dan atau rekaman. Namun demikian, sang pelapor mendapatkan hak perlindungan berupa identitas yang dirahasiakan serta perlindungan atas hak hak asasi dari pelapor” jelasnya.

“Sedangkan tujuannya adalah sebagai sarana untuk menginformasikan tindakan pelanggaran anggota Polri tanpa rasa takut atau khawatir karena di jamin kerahasiaannya serta untuk mencegah agar pelanggaran yang terjadi dapat terdeteksi sedini mungkin” tambahnya.

Whistle Blowing System (WBS) merupakan program unggulan Paminal Polri dalam rangka untuk mencegah, mengeleminir serta mengurangi pelanggaran pelanggaran yang di lakukan oleh anggota Polri.

Oleh karena itu dengan adanya WBS Polri ini diharapkan ada keberanian anggota Polri untuk melaporkan pelanggaran yang diketahui yang dilakukan oleh anggota Polri dengan demikian pelanggaran tersebut dapat dicegah sedini mungkin. “Kerahasiaan pelapor akan dijaga” tegasnya

Sedangkan untuk menghindari laporan tersebut berupa fitnah sambungnya “maka di harapkan pelapor juga dapatnya melampirkan bukti bukti yang di ketahui seperti dokumen, foto kronologis dan lain lain”

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.