Bhabin Siangan pantau Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai

Polda Bali-Polres Gianyar, Polsek Gianyar.

Kemensos saat ini tengah mentranspormasi penyaluran Bansos Rastra menjadi BPNT, perubahan ini bertujuan agar tercapai 6 T yaitu tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat kualitas, tepat harga dan tepat Administrasi.

Untuk memastikan 6 T maka Bhabinkamtibmas Desa Siangan Aiptu I Kadek Sumerta, S.H bersama Babinsa melaksanakan pengawasan sekaligus pendampingan Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai ( BPNT ) yang masuk dalam PKH ( program Keluarga Harapan ) dan masyarakat yang memiliki kartu KKS ( Kartu Keluarga Sejahtera ), senin 7 juni 2021 pukul 10.00 wita bertempat di E-Warung Koperasi Karya Sejahtera Desa Siangan.

Penyaluran BPNT dilaksanakan di E-Warung Koperasi Karya Sejahtera Desa Siangan, di berikan kepada masyarakat yang mendapat bantuan PKH, BPNT dan masyarakat yang memiliki kartu KKS. dimana untuk penyaluran bantuan hari ini di berikan kepada warga Desa Suwat dan Desa Siangan. Untuk Desa Suwat sebanyak 38 penerima PKH, sedangkan Desa Siangan 251 warga penerima PKH yang berhak menerima bantuan BPNT.

Kegiatan penyaluran BPNT, PKH dan KKS kepada penerima keluarga harapan di laksanakan oleh dampingi PSM ( petugas Sosial Masyarakat ) Desa Suwat Ni Kadek Budiarti bersama pihak Koperasi bernama Ni Wayan Pipit Antari dan Dewa Made Raka. Setiap masyarakat menerima beras 15 kg, telor ayam 9 butir, kacang hijau 0.5 kg dan sayuran dengan nilai nominal sebesar Rp 200.000 ( dua ratus ribu rupiah ).

“Polri di beri tugas dan tanggungjawab untuk melakukan monitoring penyaluran BPNT, PKH dan KKS pengawasan ini di lakukan agar penyaluran BPNT maksimal dan tepat sasaran serta menghindari penyimpangan. Langkah ini merupakan tindak lanjut MOU antara Polri dan Kementrian Sosial yang telah membentuk Satgas Bantuan Sosial,” ujar Kapolsek Gianyar Kompol I Gusti Ngurah Yudistira, S.H., M.H.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas menyampaikan himbauan kepada masyarakat tentang protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penularan Virus Corona Covid-19 di antaranya wajib menggunakan masker, rajin mencuci tangan, hindari daerah berkumpul, selalu jaga jarak dan rajin berolah raga untuk menjaga imun tubuh agar selalu sehat,” ujar Aiptu I Kadek Sumerta, S.H.

Ni Luh Aryawati, 42 tahun, buruh, warga Banjar Purnadesa Desa Siangan mengatakan bahwa dengan bantuan yang diterimanya sangat meringankan beban keluarga, apalagi penghasilannya setiap hari tidak menentu, mudah-mudahan bantuan ini bisa berkesinambungan untuk masyarakat miskin seperti saya, ungkapnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.