Bhabin Siangan sambangi tokoh masyarakat untuk sosialisasi PPKM Darurat.

Polda Bali-Polres Gianyar, Polsek Gianyar.

Berbagai macam upaya di lakukan untuk melindungi masyarakat agar terhindar dari penularan Covid-19.

Salah satunya adalah melakukan sambang kepada Tokoh Masyarakat yang ada di Desa Binaan yang akan melaksanakan kegiatan Upacara Adat dan Agama, Untuk mengingatkan tentang situasi Pandemi Covid-19 agar mempersiapkan segala sesuatunya serta mensosialisasikan Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 09 tahun 2021 tentang PPKM Darurat dalam Tatanan kehidupan era baru di Provinsi Bali yang berlaku dari tanggal 03 s/20 juli 2021.

Hal tersebut seiring dengan yang di lakukan Bhabinkamtibmas Desa Siangan Aiptu I Kadek Sumerta bersama Babinsa saat melaksanakan Sambang sambil penggalangan terhadap warga I Ketut Putra Yasa Bendesa Adat Lokaserana sebagai penanggungjawab kegiatan Ngaben Masal. Sabtu (3/7/2021) pukul 09.30 wita bertempat di Balai Banjar Lokaserana Desa Siangan.

Sambang sekaligus penggalangan tersebut di laksanakan dalam rangka mensosialisasikan PPKM ( pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat yang tertuang dalam Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 09 tahun 2021. Berlaku dari tanggal 03 s/d 20 juli 2021.

Penggalangan kali ini di lakukan mengingat masyarakat Desa Adat Lokaserana akan melaksanakan Upacara Ngaben Masal di mana sesuai rencana upacara tersebut akan di laksanakan pada hari sabtu tanggal 10 juli 2021 mulai pukul 06.00 wita bertempat di kuburan Desa Adat Lokaserana Desa Siangan.

I Ketut Putra Yasa menyampaikan terimakasih atas kehadiran Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang telah berkenan mengingatkan tentang Protokol kesehatan menjelang acara Ngaben Masal di Desa Adat Lokaserana. Dari pihak panitia sudah mempersiapkan segala sesuatunya yang berhubungan dengan protokol kesehatan sesuai dengan intruksi pemerintah.

Di sampaikan pula bahwa dalam kegiatan Upacara Ngaben nanti pihak panitia sudah mengatur keterlibatan masyarakat di bagi pertempek dan tidak menyebarkan undangan dan hanya melibatkan warga adat saja untuk membatasi kerumunan masyarakat, mencegah terjadinya klaster baru penularan Covid-19. Ujar Bendesa

Pada kesempatan tersebut Waka Posko Aiptu I Kadek Sumerta menghimbau kepada penyelenggara wajib menyiapkan fasilitas protokol kesehatan seperti air dan sabun serta tempat cuci tangan. Alat dan petugas cek suhu tubuh, Tissue dekat tempat cuci tangan. Lokasi / posisi fasilitas protokol kesehatan berada di depan pintu gerbang.
Proses/mekanismenya, pertama Cek suhu tubuh, selanjutnya Cuci tangan (selesai keringkan dengan tissue). Setelah yakin sehat dan bersih baru diijinkan utk masuk ke lokasi acara.

Di samping itu pula di sampaikan sosialisasi Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 09 Tahun 2021 Tentang PPKM ( pemberlakuan Pembatasan kegiatan masyarakat ) Darurat Covid-19 Dalam Tatanan kehidupan era baru di Provinsi Bali, di mana sejak tanggal 03 s/d 20 juli 2021 PPKM Darurat berlaku, sehingga segala kegiatan masyarakat di batasi untuk mencegah terjadinya klaster baru penularan Covid-19, ujar Sumerta

Kapolsek Gianyar Kompol I Gusti Ngurah Yudistira, S.H. M.H. ketika di konfirmasi menyampaikan bahwa yang di laksanakan Bhabinkamtibmas memang perintahnya sesuai dengan perintah Kapolres Gianyar, agar melaksanakan penggalangan terhadap tokoh Adat, Agama maupun masyarakat untuk mencegah berkumpulnya masyarakat agar terhindar dari penularan Virus Corona Covid-19.

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.