Waka Polsek Ubud melaksanakan koordinasi rencana kegiatan pelaksanaan hari raya Idul Adha 1442 H
(19 Juli 2021)

Polda Bali – Polres Gianyar – Polsek Ubud

Pada hari Senin tanggal 08.30 wita bertempat di ruangan Waka Polsek Ubud telah berlangsung pertemuan Waka Polsek Ubud AKP I WAYAN SUARJANA dengan Ketua Majelis Tak’lim Darul Ubudyah Hendra Prawoto terkait rencana kegiatan pelaksanaan hari raya Idul Adha 1442 H yang jatuh pada hari Selasa tanggal 20 Juli 2021.

Pada kesempatan tersebut Waka Polsek Ubud AKP I WAYAN SUARJANA memberikan penekanan sebagai berikut Dengan semakin meningkatnya kasus Covid 19 dengan varian baru sehingga pemerintah memberlakukan PPKM Darurat wilayah Jawa-Bali dari tanggal 3 s/d 20 Juli 2021 oleh karena itu disetiap kegiatan masyarakat dan upacara keagamaan agar betul-betul protokol kesehatan diperhatikan secara ketat.

Dalam pelaksanaan perayaan hari raya Idul Adha 1442 H harus mengacu pada Surat Edaran Mentri Agama No. 17 tahun 2021.
Untuk pelaksanaan sholat Ied agar dihadiri oleh pengurus saja dan tidak ada jemaah luar dan pemotongan hewan qurban mekanisme pelaksanaanya agar diatur supaya tidak terjadi kerumunan orang dan
tidak memviralkan kegiatan idul adha ke medsos guna menghindari tanggapan negatif dari netizen.

Pada kesempatan tersebut, pengurus Majelis Tak’lim Darul Ubudyah pada intinya menyampaikan Rangkaian kegiatan dalam pelaksanaan hari raya idul Adha 1442 H yakni Sholat Tarawih yang dilaksanakan pada hari Senin tgl 19 Juli 2021 PKL.18.30 WITA yang hanya dihadiri oleh pengurus dan ustad saja, Sholat Ied dilaksanakan pada hari Selasa tgl 20 Juli 2021 PKL.06.30 WITA, yang hanya dihadiri oleh pengurus dan ustad saja dan dipimpin oleh Ustad Abdul Kholik dan selaku pencotbah ustad Sukron.

Untuk pemotongan hewan kurban dilaksanakan sebanyak 2 kali yakni pada hari Selasa tgl 20 Juli 2021 dilaksanakan pemotongan hewan qurban berupa kambing sebanyak 9 ekor sedangkan untuk pemotongan hewan qurban berupa Sapi sebanyak 4 ekor dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 21 Juli 2021.

Pemotongan hewan qurban dilaksanakan di RPH Gianyar sedangkan mekanisme pembagian hewan qurban akan dibagikan oleh pihak pengurus/panitia yang telah dibentuk kemasing-masing jemaah dan para jemaah tidak diijinkan datang langsung gedung serbaguna Ubudyah.

Dalam pelaksanaan rangkaian hari raya Idul Adha pihak pengurus akan berpatokan pada Surat edaran Menteri Agama dan selalu patuh dan taat terhadap peraturan pemerintah. Pihak pengurus akan menerapkan prokes yang sangat ketat ditengah tengah pemberlakuan PPKM Darurat guna menekan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.