Kasat Binmas sampaikan Kolaborasi KRING POLRI dan SIPANDU BERADAT.

UBUD – Seperti yang diketahui Pulau Bali merupakan salah satu pulau tercantik yang ada di dunia, selain itu, bali juga dikenal dengan keanekaragaman tradisi dan adat budaya yang menjadi daya tarik pariwisata internasional. Namun dibalik semua keindahan tersebut, pulau bali salah satunya Kabupaten Gianyar sangat berpotensi terjadinya Konflik Adat yang dapat memecah belah kerukunan didalam masyarakat.

Dalam hal ini, Kasat Binmas Polres Gianyar AKP I GEDE ENDRAWAN, S.H., M.H. didampingi Kapolsek Ubud AKP I MADE TAMA, S.H. dan Waka Polsek Ubud AKP I WAYAN SUARJANA, melaksanakan kegiatan Penyampaian Program SIPANDU BERADAT (Sistem Pengamanan Terpadu Berbasis Desa Adat) sesuai Pergub Nomor 26 tahun 2020 yang disingkronkan dengan Terobosan Kreatif Kapolres Gianyar AKBP I MADE BAYU SUTHA SARTANA, S.I.K., M.H. yang bertajuk “KRING POLRI” sesuai dengan Sprint Kapolres Gianyar : Nomor Sprint/1565/X/PAM.3.3/2021, Tanggal 28 Oktober 2021, kepada seluruh personel Polsek Ubud, dengan mengambil tempat di Lapangan Apel Mako Polsek Ubud. Kamis (04/11/2021)

Dalam arahan tersebut, Kasat Binmas Polres Gianyar AKP I GEDE ENDRAWAN, S.H., M.H. menyampaikan bahwa Program SIPANDU BERADAT (Sistem Pengamanan Terpadu Berbasis Desa Adat) yang sudah berjalan selama ini, akan sangat efektif saat dikolaborasikan dengan Program “KRING POLRI” Polres Gianyar, dimana dalam implementasinya dilapangan, Kring Polri merupakan salah satu terobosan kreatif yang diciptakan bertujuan untuk mempertebal kehadiran Polri di tengah-tengah masyarakat dengan membantu Bhabinkamtibmas guna mencegah sedini mungkin hal-hal yang dapat mengganggu Harkamtibmas baik konflik adat, maupun gangguan kamtibmas lainnya sehingga situasi di wilayah binaan tetap terjaga dengan kondusif.

Hal senada juga disampaikan oleh Kapolsek Ubud AKP I MADE TAMA, S.H. dimana dalam pelaksanaan KRING POLRI yang disingkronkan dengan SIPANDU BERADAT akan menjadi salah satu cara mengantisipasi terjadinya benturan kecil dimasyarakat, mengingat Kabupaten Gianyar Khususnya Kecamatan Ubud yang kaya dengan adat istiadat sangat berpotensi terjadinya gangguan, sehingga diharapkan dengan Kehadiran KRING POLRI ini, sekecil apapun gangguan yang ada di wilayah, terutama yang menyangkut dengan Konflik Adat, dapat diminimalisir atau dihilangkan, dan kehadiran Polri dalam hal ini Polsek Ubud ke Masyarakat agar dapat dirasakan manfaatnya dengan menunjukkan Kerja Nyata seperti terjun dalam kegiatan Keagamaan, maupun kegiatan lainnya. Sehingga tercipta rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat dan secara perlahan terjalinnya sinergitas kemitraan Polri dan masyarakat. Tutup Kapolsek Ubud.

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.