Cegah Varian Omicron, Polsek Blahbatuh Giatkan Yustisi Prokes Di Pasar Tradisional

Polres Gianyar Polsek Blahbatuh-Kementerian Kesehatan RI mencatat total kasus konfirmasi positif varian Omicron di Indonesia hingga Jumat (24/12/2021) telah mencapai 19 orang.
Kasus ini meningkat setelah diketahui adanya tambahan 11 kasus baru Omicron di Tanah Air pada Jumat berdasarkan hasil Whole Genome Sequencing.

Kesebelas kasus konfirmasi baru Omicron tersebut merupakan imported case atau berasal dari pelaku perjalanan internasional yang baru kembali dari Turki, Jepang, Korea Selatan, dan Arab Saudi. Saat ini semuanya menjalani karantina di Jakarta.

Sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat diperlukan upaya berkesinambungan.Edukasi dan promosi kesehatan memegang peran utama dalam penanganan COVID-19. Prosedur kesehatan yang direkomendasikan untuk menekan penyebaran penyakit mencakup 5M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi aktivitas di luar rumah, dan menjauhi kerumunan

Pemerintah terus melakukan upaya pencegahan, tindakan dan edukasi terkait pandemi covid-19. Edukasi menjadi hal yang sangat penting untuk membuat masyarakat semakin mengetahui dan paham tentang protokol kesehatan untuk pencegahan penularan corona.

Sebagaimana Polres Gianyar Polsek Blahbatuh tetap konsisten menggelar memberikan edukasi pentingnya protokol kesehatan di masa Pandemi Covid-19 melalui patroli berjalan kaki di Pasar Yadnya Blahbatuh, Selasa (28/12/2021) pagi.Kegiatan ini merupakan tindak lanjut Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2021 tentang PPKM Level 2 Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali.

Kegiatan yang dipimpin oleh Pawas Iptu I Made Gede Sudarta,S.H. ini bertujuan untuk memberikan imbauan kepada pengunjung maupun pedagang di Pasar Yadnya Blahbatuh untuk mematuhi intruksi surat edaran PPKM Level 2 Covid-19 tentang penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Kapolsek Blahbatuh Kompol I Ketut Suharto Giri,S.H.,M.H. membenarkan kegiatan personilnya.’Kami tetap konsisten memberikan edukasi penerapan Prokes, tentunya pada area pasar sering menimbulkan keramaian untuk itulah kami tetap imbau setiap harinya, ucapnya.

“Dengan mematuhi 5M menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas. Disampaikan pula kepada masyarakat yang belum vaksin Covid-19 agar melaksanakan vaksin untuk membentuk kekebalan kelompok sehingga dapat mencegah penyebaran Covid-19,” kata Kompol Suharto Giri.

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.