Kapolda Bali Hadiri Penanaman Mangrove serentak Kodam IX/Udayana

Kepala Kepolisian Daerah Bali, Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si., menghadiri penanaman serentak pohon mangrove yang di gelar oleh Kodam IX/Udayana di Balai Pengendalian Perubahan Iklim Bali-Nusra, Denpasar Selatan pada, Selasa (28/12/2021).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/Wirasatya, Ketua DPRD Provinsi Bali, Walikota Denpasar, Dir Polairud Polda Bali, Danlanal Denpasar, Danlanud Ngurah Rai, dan Udangan lainnya.

Seperti yang diketahui Provinsi Bali telah ditunjuk sebagai tuan rumah ajang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty (G20) pada Bulan November 2022 mendatang. hutan mangrove ini disiapkan sebagai lokasi yang nantinya akan dikunjungi para pemimpin delegasi G20.

Khusus di wilayah Bali, terdapat beberapa hutan mangrove yang menjadi cagar budaya alam seperti di Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Jembrana Dan Buleleng. Dimana dalam pemanfaatannya hutan mangrove sendiri memiliki banyak fungsi diantaranya sebagai sumber penghasil oksigen dan penyerap karbon dioksida, tempat hidup biota laut, menahan badai hingga gelombang tsunami, mencegah abrasi di wilayah pesisir serta sebagai tempat pariwisata.

Mangrove juga dapat diolah dan dijadikan sebagai peluang usaha yang cukup bagus seperti buahnya bisa dijadikan sebagai sumber pangan lokal baru.

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.