Kapolsek Blahbatuh Pantau Pengamanan Di Pura Samuan Tiga-Bedulu

Polres Gianyar Polsek Blahbatuh-Kapolsek Blahbatuh Kompol I Ketut Suharto Giri,S.H.,M.H. memantau pelaksanaan pengamanan upacara Padudusan Agung di Pura Samuan Tiga, Desa Bedulu, Rabu/27 April 2022.

Tampak dalam pantuan sejumlah personel Polri, Satpol PP dan Dishub serta Bhabinkamtibmas turun ke jalan memberikan pelayanan kepada masyarakat.Pengamanan dilakukan di banyak tempat meliputi areal Pura serta jalan Raya untuk mencegah kemacetan.

“Karya Padudusan Agung dan Ida Bhatara Tedun Kabeh, di Pura Kahyangan Jagat Samuantiga, di Desa Adat Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar telah menjadi atensi pengamanan kami sejak dimulainya rangkaian kegiatan pecaruan pada tanggal 1 April 2022, ujar Kapolsek.

“Kehadiran personel selain pengamanan juga melakukan pengaturan lalu lintas untuk mencegah kemacetan, dan tak kalah pentingnya protokol Kesehatan sebagai pedoman untuk mencegah terjadinya Kluster, Astungkara pengawasan Prokes dapat kami maksimalkan” tambahnya.

Sebagai informasi bahwa rangkain upacara Padudusan di Pura Samuan Tiga telah memasuki tahap tahap akhir, pemelastian akan dilaksanakan pada tanggal 28 April 2022, mulai Pukul 05.00 sampai selesai. Tradisi ini dilakukan dengan berjalan kaki, yang melibatkan ribuan orang pengiring menuju Pantai Masceti di Desa Medahan, Blahbatuh.

Sebagai akhir dari rangkaian Karya Padudusan Agung, dilaksanakan Ida Bhatara Masineb tanggal 29 April 2022. Dan keesokan harinya, dilangsungkan tradisi Mejaga-jaga yang dirangkai Macaru Eka Sata dan Panca Sata. Upacara macaru ini disusul Dengan ritual Penyepian Pura. Seperti hari raya Nyepi pada Tilem Kasanga, penyepian pura dilakukan dengan menutup area suci Pura Samuantiga, selama sehari penuh, selama 24 jam.

Dengan ritual penyepian ini, maka usai sudah rangakaian Karya Padudusan Agung Pura Samuantiga di Desa Adat Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar.

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.