Pengamanan Hari Raya Waisak 2566 BE Di Vihara Amurva Bhumi Blahbatuh

BLAHBATUH-Umat Buddha merayakan Hari Suci Waisak tahun ini pada 16 Mei 2022. Waisak merupakan salah satu hari besar untuk pemeluk agama Buddha. Dirangkum berbagai sumber, sejarah singkat perayaan Hari Waisak memiliki makna penting bagi setiap penganutnya.

Penelusuran sejarah singkat perayaan Hari Waisak yang dirangkum berbagai sumber, Waisak sudah berlangsung sejak sebelum abad ke-19 dan dilaksanakan tertutup di vihara.Di akhir abad ke-19, perayaan Waisak mulai bergeser karena ada pengaruh gerakan modernisasi yang berawal dari negara Sri Lanka, lalu masuk ke Asia Timur dan Tenggara.

Adapun tema Waisak Nasional 2022 adalah “Moderasi Untuk Indonesia Bahagia“. Secara garis besar Waisak tahun ini mengingatkan kita semua untuk lebih dan terus menjaga dan memelihara kerukunan atau moderasi antar umat beragama, sekaligus penguatan terhadap pencanangan oleh pemerintah tahun 2022 sebagai Tahun Toleransi.

Di Kecamatan Blahbatuh sendiri perayaan Hari Raya Waisak dipusatkan Di Vihara Amurva Bhumi, Senin/16 Mei 2022.Umat Buddha dari berbagai wilayah tampak sudah datang sejak pagi untuk melaksanakan persembahyangan.

Dalam rangka mengamankan jalannya Ibadah tahunan ini, Polsek Blahbatuh Polres Gianyar bersama pecalang Adat Blahbatuh menggelar pengamanan bersama.

Kapolsek Blahbatuh, Kompol I Ketut Suharto Giri,S.H.,M.H. membenarkan pengamanan yang dilaksanakan personelnya. ”Pengamanan yang kami laksanakan dalam mewujudkan Keamanan yang kondusif, Tak lupa personel mengingatkan pentingnya penerapan prokes, ungkapnya.

“Dengan mematuhi 5M menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, Kami mengingatkan meskipun telah melaksanakan vaksin untuk tetap disiplin Prokes, mencegah penyebaran Covid-19,” katanya.

Pelaksanaan Ibadah Waisak di Kecamatan Blahbatuh berjalan dengan aman, khidmat lancar dan patuh prokes. Terpantau setiap umat yang akan memasuki Vihara dilakukan pengukuran suhu tubuh serta mewajibkan untuk menggunakan masker dengan baik dan benar.

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.