Lomba Dalmas Bukti Keseriusan Polda Bali Mengamankan KTT G20

Polda Bali dipastikan akan all out mengamankan KTT G20 di kawasan Nusa Dua, Badung. Aksi unjuk rasa menjadi salah satu prioritas yang akan diantisipasi Polda Bali beserta jajarannya saat presidensi G20 berlangsung.

Untuk mengetahui kesiapan dan kemampuan personel Dalmas, Polda Bali menggelar lomba Dalmas dari tanggal 8-9 September 2022.

Hasilnya, juara umum diraih oleh Sat Samapta Polres Gianyar. Juara I, II dan III masing-masing diraih oleh Sat Samapta Polresta Denpasar, Polres Karangasem dan Polres Jembrana.

Hadiah lomba diserahkan langsung oleh Kapolda Bali, Irjen Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si. kepada Kapolres Gianyar, Kapolresta Denpasar, Kapolres Karangasem dan Kapolres Jembrana di halaman depan Mapolda Bali, Senin (31/10/2022).

Irjen Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si. mengatakan lomba Dalmas diadakan sebagai bentuk keseriusan Polda Bali dalam mengamankan KTT G20.

“Untuk mengantisipasi terjadinya unjuk rasa maupun hal-hal kontijensi lainnya yang dapat mengganggu kelancaran KTT G20, saya telah memerintahkan jajaran Ditsamapta Polda Bali untuk melaksanakan lomba Dalmas dalam rangka supervisi dan pengecekan kesiapan pengamanan rangkaian kegiatan G20 dan antispasi situasi Kamtibmas di wilayah hukum masing-masing,” ucapnya.

Kapolda menjelaskan bahwa kriteria yang dinilai dalam perlombaan ini, yaitu sikap tampang personel, kelengkapan peralatan, komando dan pengendalian, inovasi dalam pelaksanan di lapangan serta kehadiran dan peran dari Kapolres atau Wakapolres.

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang. Pertahankan prestasi ini dan tingkatkan kemampuan personel Dalmas agar lebih profesional meredam eskalasi massa sehingga tidak ada jatuh korban jiwa saat aksin unjuk rasa berlangsung,” ujarnya.

Jenderal lulusan Akpol tahun 1989 ini berharap kepada seluruh personel Polda Bali agar ikut memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya KTT G20. “Jangan sampai masyarakat terpancing oleh isu-isu negatif dari pihak yang tidak bertanggungjawab sehingga dapat mengganggu kelancaran kegiatan KTT G20, seperti aksi unjuk rasa,” tegasnya.

Kapolda juga mengajak seluruh anggotanya agar tetap semangat dan optimis dalam melaksanakan berbagai penugasan. “Marilah kita pulihkan kembali elektabilitas dan kepercayaan publik terhadap Polri. Pertahankan stabilitas Kamtibmas di Bali agar tetap kondusif menjelang KTT G20,” jelasnya. (BINA-PID)

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.