Bhabinkamtibmas Desa Siangan Dampingi Petugas Puskeswan Pemasangan Anting Barcode Pada Hewan Sapi

GIANYAR – Bhabinkamtibmas Desa Siangan Aiptu I Wayan Sutara mendampingi petugas puskeswan melaksanakan pemasangan anting Barcode pada hewan sapi milik warga di Banjar Triwangsa Desa Siangan Kecamatan Gianyar, Selasa (22/11) pagi.

Kegiatan pemasangan anting tersebut dilaksanakan oleh Puskeswan Gianyar III bersama dari team Dinas Pertanian Kab. Gianyar Bidang Bibit dan Produksi serta Kadus Banjar Triwangsa Desa Siangan.

Selain pemasangan anting yang berisi barcode pada sapi juga dilaksanakan kegiatan vaksinasi PMK (penyakit mulut dan kuku) pada hewan sapi yang belum mendapat vaksinasi PMK.

Pemasangan anting dengan Barcode tersebut bertujuan untuk memastikan hewan ternak sapi sudah mendapatkan vaksinasi dan bebas untuk diperjualbelikan, dimana Barcode tersebut memuat data sapi mulai dari nama pemilik ternak, ciri-ciri, hingga vaksinasi yang sudah diterima oleh hewan ternak sapi tersebut.

Sapi yang sudah divaksin PMK dan dipasangi anting barcode tersebut bisa di scan seperti peduli lindungi pada manusia.
Pemasangan anting berisi barcode ini adalah terobosan pemerintah yang kedepannya bisa diintegrasikan dengan program E-ternak milik pemerintah daerah.

Selain itu juga untuk mengurangi angka pencurian hewan ternak sapi, sebab nantinya hewan ternak sapi yang akan diperjualbelikan di pasar hewan harus sudah memiliki anting dengan Barcode tersebut, sehingga pergerakan hewan ternak sapi bisa dikontrol, tidak ada lagi hewan curian yang masuk pasar hewan.

Sementara itu Kapolsek Gianyar Kompol I Ketut Tomiyasa, S.H., M.H. mengatakan bahwa Bhabinkamtibmas harus selalu hadir ditengah masyarakat binaannya dalam menciptakan kamtibmas kondusif.

“Demi menjaga kamtibmas kondusif, Bhabinkamtibmas harus selalu berada ditengah masyarakat baik menjalin silaturahmi dan kemitraan maupun melaksanakan atensi setiap kegiatan masyarakat” ujarnya.

Selain itu menurut Kapolsek kehadiran Polri ditengah masyarakat merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat.

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.