Cegah Demam Berdarah, Bhabinkamtibmas Polsek Blahbatuh Kawal Fogging

BLAHBATUH-Langkah antisipatif bahaya Demam Berdarah Dengue (DBD), Pemerintah Kabupaten Gianyar melakukan penyemprotan atau fogging di Desa Adat Selat, Desa Belega sebagai salah satu upaya pencegahnya.

Bhabinkamtibmas Desa Belega Aipda I Ketut Urip Artana terjun langsung mengawal pelaksanaan kegiatan tersebut, Jumat/25 November 2022.Dirinya mengatakan bahwa upaya ini dilakukan secara terpadu Team Fogging Kabupaten Gianyar bersama aparat Desa setempat.

Fogging adalah tindakan pengasapan dengan bahan pestisida yang bertujuan untuk membunuh nyamuk secara luas yang efektif dalam membunuh nyamuk dewasa namun tidak untuk larva, telur, ataupun jentik nyamuk.Indikasi dilakukan fogging adalah ketika ditemukan 1 kasus positif Demam Berdarah, ada penderita panas yang lain, dan ditemukan jentik.

Kapolsek Blahbatuh Kompol I Made Tama,S.H. membenarkan kegiatan yang dilaksanakan oleh personelnya seraya menambahkan bahwa selain Fogging, masyarakat juga dapat mencegah BDB melalui PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) melalui 3M

“Pengertian dari 3M adalah Menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air selanjutnya Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya serta Mendaur ulang” Kata Kapolsek.

Kewaspadaan memang perlu ditingkatkan dikarenakan kemungkinan perkembangbiakan nyamuk akan meningkat terutama di musim hujan, sehingga sering menyebabkan kejadian luar biasa (KLB) demam berdarah Dengue (DBD) pada saat musim penghujan.

” Mari kita sama-sama lakukan 3M Plus agar lingkungan dan keluarga kita bisa terhindar bahaya DBD” imbau Kompol Tama.

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.