Pastikan Kesiapan Pengamanan, Kapolda Bali Cek Posyan Terpadu Masceti, Pos Pam Terpadu Tugu Pahlawan dan Posyan Padang Bai

Perayaan Hari Raya Natal 2022 dan malam pergantian Tahun 2023, Polda Bali telah menyiagakan 3.425 orang personel, terdiri dari personel Polri, TNI, Dishub dan menggandeng unsur terkait lainnya dalam pengamanan yang tergabung pada Ops Lilin Agung 2022.

Terkait dengan hal tersebut, Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si., yang bertindak selaku Kaopsda dengan didampingi oleh seluruh PJU Polda Bali yang terlibat dalam Ops Lilin Agung 2022, melaksanakan pengecekan posyan dan pos pam terpadu di wilayah Gianyar dan Karangasem, Jumat (23/12/2022).

Pos Terpadu Masceti, Blahbatuh, menjadi Pos Pelayanan (Posyan) masyarakat yang paling pertama dikunjungi oleh orang nomor satu di jajaran Polda Bali ini. Dengan disambut oleh Kapolres Gianyar AKBP I Made Bayu Sutha Sartana, S.I.K., M.H., yang telah menunggu kedatangannya, Kapolda Bali langsung mengecek kesiapan personel dan fasilitas pendukung, serta memberikan bingkisan dalam mendukung pelaksanaan tugas personel jaga didalam posyan yang baru direnovasi tersebut.

Setelah melakukan pengecekan Posyan Terpadu Masceti, Kapolda Bali melanjutkan perjalanan menuju Polres Karangasem untuk melaksanakan peresmian Apartement Jagadhita Dharma Pretana dan SPKT Polres Karangasem.

Setelah selesai melakukan kegiatan di Polres Karangasem, Kapolda Bali melanjutkan pengecekan pada Pos Terpadu Tugu Pahlawan yang lokasinya sangat strategis dalam menjangkau 6 lokasi Gereja yang terdapat di wilayah hukum Polres Karangasem. Serta tidak lupa juga Kapolda Bali memberikan bingkisan kepada personel yang melaksanakan tugas pengamanan di Pos Terpadu tersebut.

Untuk Posyan terakhir, Kapolda Bali mengunjungi Posyan Terpadu Padang Bai. Posyan yang berlokasi tepat pada Pelabuhan Badang Bai ini, juga merupakan salah satu pintu utama jalur masuk pulau Bali ini, Kapolda Bali kembali melakukan pengecekan kesiapan dan fasilitas penunjang personel dalam melaksanakan tugas.

Terkait dengan kegiatan Kapolda Bali tersebut, Kabid Humas Polda Bali Kombes. Pol. Satake Bayu, S.I.K., M.Si., menyebut bahwa kegiatan yang dilakukan itu untuk mengetahui dan memastikan kesiapan personel pada pos-pos gabungan yang tergelar di titik-titik pengamanan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun 2023.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mengatahui dan memastikan kesiapan personel yang tergelar, sekaligus untuk memberikan solusi terhadap kendala yang terjadi saat dilaksanakan pengamanan pada perayaan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023”, pungkasnya.

Pada saat ditanya oleh awak media, Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si., menjelaskan terkait pengamanan Hari Raya Natal 2022, kapolda menyebut bahwa dari 133 Gereja yang ada di wilayah Bali telah disiagakan personel Polri yang tergabung dengan TNI, Pol PP, Dishub dan seluruh unsur terkait lain untuk mengamankannya.

“Jadi untuk pola pengamanannya sama, semua sesuai dengan SOP pengamanan dari kita (Polri), jadi sebelum pelaksanaan persembahyangan misa pada malam Natal, kita akan lakukan sterilisasi pada lokasi gereja oleh personel dari satuan Brimob dan K9 untuk memastikan kegiatan persembahyangan pada hari raya Natal dapat berjalan lancar,” ujarnya.

Untuk diketahui bahwa, Polda Bali juga melakukan penambahan personel Polri terhadap setiap Pospam dan Gereja di Bali, yang dinilai memerlukan pengamanan lebih untuk anggota Polri.

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.